Senin, 01 Juni 2020

3 Manfaat Bayar Zakat Profesi, Mensucikan Harta Hingga Sebagai Cara Mengelola Keuangan

Posting oleh Dory | Senin, Juni 01, 2020 | Berkomentar
Bayar Zakat Profesi

Ketika seseorang mendapatkan penghasilan tiap bulan, maka seseorang wajib menzakatkan sebagian penghasilannya tersebut kepada orang yang lebih membutuhkan. Selain sedekah, Anda dapat menunaikannya dalam bentuk zakat. Pasalnya menurut pandangan Islam, dalam setiap rezeki yang Anda dapatkan, ada hak orang yang lebih membutuhkan yang Allah titipkan melalui Anda. Maka dari itu, yuk simak manfaat bayar zakat di ulasan berikut ini.

Perintah Bayar Zakat Profesi dari Allah SWT

Menunaikan zakat bagi seorang muslim hukumnya memang dianjurkan oleh Allah SWT. Apalagi di bulan Ramadhan dan Syawal, salah satu zakat yang harus ditunaikan oleh seorang muslim yang masih hidup hingga matahari terbenam di hari terakhir bulan Ramadhan bernama zakat fitrah dan hukumnya wajib. Ketentuannya pun sudah diatur dalam syariat Islam dan mereka yang tidak menunaikannya berdosa.

Sama halnya dengan zakat fitrah yang mana hukumnya wajib bagi yang mampu, zakat profesi atau zakat maal pun juga wajib ditunaikan oleh mereka yang setiap bulannya berpenghasilan. Namun, jika zakat fitrah ditunaikan saat Ramadhan saja, maka zakat profesi bisa ditunaikan kapan saja dan sebagai landasan untuk membersihkan penghasilan dari kewajiban berzakat.

Ketentuan seseorang harus menunaikan zakat sesuai dengan Firman Allah dalam QS An-Nur ayat 56 dimana disebutkan bahwa setiap muslim yang mengharapkan rahmat, maka harus menunaikan sholat, zakat, dan taat kepada Rasulullah. Kemudian, hal ini diperjelas dalam QS At-Taubah ayat 103 dimana disebutkan soal zakat profesi. Dikatakan dalam ayat tersebut, zakat harus diambil dari sebagian harta agar mensucikannya dan bisa menentramkan jiwa.

Beberapa Macam Manfaat Bayar Zakat Profesi

Ketika seseorang bayar zakat, maka ia sesungguhnya tidak merugi meski hartanya diambil sebagian. Malah, seseorang tersebut sebenarnya menjadikan rezekinya berkah dan menguntungkan tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga keluarganya. Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari berzakat profesi adalah sebagai berikut, yakni :

1. Membersihkan Harta dan Jiwa

Manfaat pertama dari melakukan zakat profesi adalah membersihkan harta dan jiwa. Seperti yang sudah disebutkan, di dalam harta atau penghasilan yang kita miliki terdapat hak-hak orang lain yang mana mereka pasti lebih membutuhkan harta tersebut. Oleh karena itu, memberikan hak kepada mereka sama halnya membersihkan harta dan jiwa Anda dari sifat serakah dan cuek kepada sesama muslim lainnya.

2. Sarana Pengendalian Diri

Kedua, berzakat profesi sama halnya dengan bersedekah, berdonasi, atau memberikan sumbangan. Tidak hanya sebagai pembersihan harta, berzakat juga bisa menjadi sarana pengendalian diri Anda. Ketika Anda merasa bahwa Anda sangat mencintai harta tersebut dan rasanya tidak ikhlas memberikannya serta lebih ingin membelikannya untuk hal tidak berguna, maka zakat hadir untuk mengekang sifat hedonisme Anda.

3. Mengelola Uang

Selanjutnya, zakat juga berguna untuk mengelola keuangan dengan baik. Pasalnya, zakat memiliki ketentuan berapa besaran yang harus Anda berikan setiap saatnya dari total penghasilan. Nah, dengan menghitung zakat ini, Anda juga akan menghitung pemasukan dan pengeluaran sehingga zakat sama halnya berfungsi sebagai pengelola keuangan Anda. Keren, bukan? Tentunya, Anda patut berbangga menjadi seorang muslim.

Demikian ulasan mengenai beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika bayar zakat profesi. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi pengingat bahwa setiap penghasilan sejatinya memang sebagian kecil diberikan kepada mereka yang lebih membutuhkan. Yuk, jangan lupa bayar zakat profesi Anda ya.

Reaksi:
Kategori: ,

0 komentar:

Posting Komentar