Rabu, 17 Juni 2020

Inilah 4 Kesalahan Menggunakan Masker Kain

Posting oleh Dory | Rabu, Juni 17, 2020 | Berkomentar
Inilah 4 Kesalahan Menggunakan Masker Kain

Masker kini menjadi item yang wajib digunakan saat akan keluar rumah. Semenjak adanya pandemi yang hampir melanda seluruh dunia, pemerintah setempat mulai memberlakukan penggunaan masker kain bagi orang-orang yang sehat. Masker medis tidak disarankan karena hanya diprioritaskan untuk orang yang  sakit dan juga tenaga medis.

Kualitas masker jenis kain tentu saja berbeda dengan masker medis. Masker medis memiliki lapisan pelindung anti bakteri dan virus, sehingga cukup ampuh menangkal corona. Lain halnya dengan masker jenis kain yang cenderung lebih tipis dan tidak adanya lapisan pelindung. Virus akan lebih menempel pada bagian serat-serat kain, sehingga lebih mudah terhirup dan tersebar.

Namun, penggunaan masker jenis kain bisa cukup efektif jika Anda tahu bagaimana cara menggunakannya. Oleh karena itu, simak beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan masker berbahan kain berikut ini.

1. Masker Hanya Melindungi Bagian Mulut

Kesalahan yang umum terjadi adalah masker yang tidak menutupi hidung. Saat ini, sering dijumpai masyarakat yang hanya menggunakan masker sampai bagian mulutnya saja. Padahal, virus juga bisa masuk melalui hidung jika Anda bertemu dengan orang yang sakit maupun sering menyentuh wajah. 

Oleh karena itu, pastikan ukuran masker Anda sesuai dengan ukuran wajah. Tutupi hidung dan mulut dengan benar. Jangan takut merasa sesak karena ini demi kebaikan Anda sendiri. 

2. Masker Hanya Melindungi Dagu

Selain itu, bagian wajah yang harus tertutup masker kain adalah dagu. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak meremehkan bagian yang satu ini. Perlindungan akan lebih maksimal jika area hidung, mulut,dan dagu bisa tertutup dengan sempurna.

3. Masker Terlalu Longgar

Saat menggunakan masker, pastikan masker tersebut tidak melorot. Artinya, Anda harus mengikat tali masker hingga bagian wajah tertutup dengan baik. Masker yang longgar hanya akan membuat kuman dan virus lebih mudah masuk. Selain itu, masker juga akan lebih mudah terlepas jika Anda tidak mengikatnya dengan baik.

Jika masker yang longgar memang sudah tidak layak pakai, gantilah dengan yang baru. Masker yang layak akai tentu akan memberikan perlindungan yang lebih baik dibandingkan dengan masker yang sudah rusak, longgar, atau kotor.

4. Tidak Dilapisi Pelindung Tambahan

Masker berbahan kain memiliki perlindungan yang tidak seampuh masker medis. Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan lapisan pelindung berupa kain atau tisu. Dengan menambahkan pelindung di dalamnya, virus akan tertahan dan tidak langsung mengenai mulut dan hidung.

Itulah empat kesalahan umum yang sering terjadi saat menggunakan masker. Jika Anda membutuhkan masker kain yang kece dan kekinian, pilih saja masker fullprint custom. Anda bisa tampil lebih keren dengan desain masker yang sesuai dengan selera Anda. 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar